Senin, 31 Desember 2012


Tingkatan Hati

tingkat hati yang paling luar disebut Shadr (dada) dan tingkat hati yang lebih dalam disebut Qalb. Lebih bawah lagi disebut Fu’ad dan tingkatan hati yang paling dalam disebut Lub.

Orang yang perjalanannya hampir mencapai hati yang paling bawah disebut ulul albab. Itu adalah tingkatan yang paling luar biasa karena kalau perjalanan sudah sampai pada hati yang paling dalam, kita akan menemukan sirul asral, rahasia dari segala rahasia.

Sebenarnya, perjalanan kita mendekati Tuhan ialah untuk menyerap cahaya Allah Swt. Kalau kita sudah sampai pada Lub, Tuhan akan menarik kita lebih dalam dengan bantuan-Nya.

Imam al-Ghazali menyatakan hal ini ketika menjelaskan tentang misykat cahaya. Ia menulis, “Perumpamaan cahaya Allah itu seperti misykat, lampu yang disimpan di sebuah di sebuah relung.”

Hati kita yang paling dalam itu bercahaya. “Kalau kita bersihkan hati itu, cahaya akan keluar dan cahaya itu disambut cahaya Tuhan dari langit. Bertambahlah cahaya itu di atas cahaya, nurun ‘ala al-nur.

Jadi, ketika kita berkata, “Ihdinash shirathal mustaqim”, sebetulnya kita berkata, “Tuhan berikanlah petunjuk kepadaku dan tambahlah petunjuk itu.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar